Merauke, 01 Oktober 2019

TNI-Polri Amankan Demo Damai Mahasiswa Sampaikan Aspirasi kepada 4 Pemerintah Kabupaten


Tribratanews.polri.go.id- Merauke. Demo yang dilakukan oleh gabungan Mahasiswa Kab. Merauke, Mappi, Asmat dan Boven Digoel berlangsung aman dalam pengawalan aparat keamanan TNI-Polri, Senin (30/9).

Mahasiswa Papua melakukan aksi unjuk rasa di Merauke yang diawali dengan long march dari jalan Mangga Dua menuju kantor Bupati. Tujuan aksi mahasiswa tersebut yaitu untuk menyampaikan aspirasi kepada 4 Pemerintah Kabupaten yakni Merauke, Mappi, Asmat dan Boven Digoel. Menuntut kepulangan mahasiswa dan pelajar yang sedang melakukan study di luar Papua.

Kapolres Merauke, AKBP Bahara Marpaung, S.H., didampingi Dandim 1707 /MRK Letkol Inf Eka Ganta Chandra, S.I.P., Wakil Ketua 1 DPRD Merauke Ibu AL Solikah, Perwakilan Pemda dan Tokoh Agama turut mengawal aksi demo damai tersebut.

Dalam arahan kepada personelnya sebelum pelaksanaan pengamanan Kapolres Merauke menekankan agar anggota tetap kedepankan persuasif, humanis, dialogis dan profesionalisme. “Tidak diperkenankan kepada anggota untuk membawa dan menggunakan senjata api, kita kawal adik-adik kita mahasiswa dan pelajar dengan baik,” tegas AKBP Bahara Marpaung.

Aksi demo damai berjalan aman dan lancar serta aktifitas masyarakat pun dapat berjalan seperti biasa.