Semarang, 28 September 2019

Kapolda Jateng Resmikan Ruang Assessment Center Guna Ciptakan SDM Unggul Indonesia Maju


Tribratanews.polri.go.id- Semarang. Polda Jawa Tengah (Jateng) sekarang telah memiliki fasilitas ruang Assessment Center. Bangunan yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas canggih itu juga didukung sekitar 57 assesor yang berkompeten.

Kapolda Jateng, Irjen Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, S.I.K., M.Si., meresmikan Ruang Assessment Center milik Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Jateng tersebut. Menurut Kapolda Jateng, Assessment Center memiliki fungsi dalam bidang pengembangan karier anggotanya. Setiap anggota yang akan menempati posisi baru atau naik jabatan akan lebih dulu menjalani tes untuk mengetahui potensi yang dimiliki di Assessment Center tersebut.

“Assessment Center ini merupakan wujud dari instruksi Kapolri dan juga Presiden Jokowi untuk mendapatkan SDM yang unggul untuk menempati ruang-ruang jabatan yang ada di Polda Jateng,” jelas Kapolda Jateng. Ruang Assessment Center milik Polda itu dilengkapi dengan 26 unit komputer untuk melakukan ujian dengan sistem computer assisted test (CAT), ruang diskusi, ruang wawancara, dan satu ruang integrasi hasil.

“Kita menerima kerja sama dengan instansi lain. Kalau instansi lain ingin mempergunakannya untuk menyeleksi staf yang akan naik pangkat silakan gunakan Assessment Center milik Polda. Kita juga punya banyak assessor di sini, sekitar 57 orang,” ungkap Kapolda Jateng.

Rycko menambahkan sejak 2012 hingga 2019 sudah ada sekitar 1.200 anggota Polda Jateng yang telah menjalani assessment. Meski demikian, selama ini proses assessment itu digelar dengan menggunakan fasilitas seadanya.