Hanoi, 19 September 2019

Kapolri Dukung Upaya Pembangunan Pusat Data yang Kuat dan Terintegrasi Dalam Memperkuat Aspek Operasional Aseanapol


Tribratanews.polri.go.id- Hanoi.Kapolri, Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. menghadiri The 39th Aseanapol Conference di Melia Hotel, Hanoi, Vietnam, Rabu (18/9/19).

Dalam kesmepatan tersebut hadir Kepala Kepolisian dari 10 negara yang tergabung didalam Asean National Police tersebut. Turut hadir juga sebagai peninjau Enam delegasi diantaranya Kepolisian Timor Leste, Fiji, National Crime Agency Inggris, FBI, International Association of Chief of Police, serta Palang Merah Internasional.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolri menyampaikan bebeapa hal terkait langkah-langkah dalam menjaga stabilitas keamanan di kawasan Asia Tenggara. Kapolri menyampaikan dukungan secara terbuka terhadap upaya untuk memperkuat aspek operasional Aseanapol melalui pembangunan pusat data yang kuat dan terintegrasi. “Jenis data yang dikumpulkan dan dibagikan juga harus diatur secara ketat. Keberhasilan dan kegagalan yang dialami oleh EUROPOL dan INTERPOL dalam pengelolaan pusat data juga harus menjadi pelajaran untuk menentukan model terbaik bagi kepolisian negara-negara Asia Tenggara,” ungkap Kapolri.

Kapolri juga menyebutkan tantangan yang akan dihadapai dalam hal ini yaitu perbedaan sistem dan budaya hukum di negara masing-masing. “Kejahatan di sebuah negara belum tentu menjadi rumusan kejahatan berdasarkan undang-undang negara lain,” ungkap Kapolri.

Oleh sebab itu, Kapolri menekankan dimana setiap upaya yang dilakukan dapat terwujud jika terdapat keinginan yang kuat dari seluruh organisasi Kepolisian anggota Aseanapol dan Pemerintah negara-negara anggota.