Jakarta, 27 Agustus 2019

Korlantas Polri Gelar Rakornas Samsat Se-Indonesia


Tribratanews.polri.go.id – Jakarta.Kakorlantas Polri, Irjen. Pol. Drs. Refdi Andri, M.Si., menjelaskan ada rencana untuk menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) alias tilang elektronik di seluruh Indonesia. Namun, penerapan itu dilakukan secara bertahap.

“Ada (rencana penerapan E-TLE seluruh Indonesia), tahapan-tahapan itu tentunya ada,” jelas Kakorlantas Polri, di Hotel Bidakara Jakarta, Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2019).

Ia mengimbau setiap pemerintah daerah menyiapkan fasilitas untuk mendukung diterapkannya tilang elektronik. Menurutnya, tertib berlalu lintas merupakan cermin ketertiban di suatu daerah.

“Tapi bagaimana pun itu, kita juga mengimbau pemerintah daerah untuk menyiapkan segalanya karena tertibnya suatu kawasan itu juga mencerminkan tertibnya daerah,” jelas Jenderal Bintang Dua itu.

E-TLE saat ini sudah diterapkan dan salah satunya ada di DKI Jakarta. Kamera tilang elektronik di Jakarta dipasang di sejumlah titik di sepanjang Jalan Sudirman – Thamrin.

Kamera ini mampu menganalisis berbagai pelanggaran. Antara lain, tidak mengenakan sabuk pengaman, memakai ponsel saat berkendara, melanggar ganjil-genap, melanggar marka jalan dan melanggar lampu lalu lintas.