Jakarta, 08 Agustus 2019

Polri Imbau Masyarakat Agar Ganti Password Email Secara Berkala


Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri mengimbau kepada masyarakat, khususnya pimpinan perusahaan agar memperhatikan keamanan data yang dimiliki. Terutama data-data yang tersimpan dalam surel atau email.

Kasubdit II Dittipidsiber, Kombes Pol. Rickynaldo Chairul, S.I.K., meminta agar sandi atau password surel diganti secara berkala. Pasalnya, surel yang memiliki data-data pribadi rentan diretas.

"Sering meng-update emailnya. Mengganti password agar tidak disalahgunakan para hacker-hacker yang berkeliaran di dunia maya," jelasnya, di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (7/8/19).

Imbauan itu berlaku juga bagi karyawan yang bekerja sebagai akuntan perushaan. Mereka diminta teliti memperhatikan keabsahan di setiap proses transaksi keuangan melalui transfer.

"Harus melihat keabsahan permintaan karena transfer permintaan dana ini melibatkan jumlah yang besar," jelasnya lebih lanjut.

Kemudian, ia meminta setiap perusahaan memberikan pemahaman kepada karyawan titik potensi kejahatan siber yang mungkin terjadi.

"Kasus-kasus siber atau penipuan ini karyawan harus diberikan pemahaman atau edukasi," tuturnya.

Ia juga mengingatkan agar perusahaan memperketat keamanan server yang dimiliki. Jangan sampai ada celah yang memberikan kesempatan pelaku kejahatan beraksi.

"Memastikan kemanan siber di dalam perusahaan mulai dari level yang paling atas hingga level paling bawah," pungkasnya.