Jakarta, 09 Juli 2019

Gladi Bersih Persiapan Upacara HUT Bhayangkara ke -73


Dalam memperingati HUT Bhayangkara ke 73, Jumat 05/07/2019 sekira pkl 08.00 Wib bertempat di Cawan Silang Monas telah di laksanakan gladi bersih dalam rangka memperingati hari ulang tahun Bayangkara ke 73 dengan tema "Semangat Promoter Pengabdian Polri Untuk Masyarakat Bangsa dan Negara".

Direncanakan giat Polri tersebut akan dipimpin langsung oleh Presiden RI Ir H Joko Widodo sebagai Inspektur upacara, sedangkan sebagai Komandan upacara dipegang kendali oleh Brigjen pol Drs Ferdianto Sukandar Bitti Caca ( Dankor pelopor Brimob Polri ), dan sebagai Cadangan Danup yaitu Brigjen pol Drs Imam Sugianto Msi. Selaku Karo Binops ops Polri.

Perwira upacara yang akan bertugas diserahkan kepada Inspektur Jendral polisi Salhudin. SH, M. Hum, dan sebagai Cadangan perwira Upacara yaitu Brigjen pol Edi Mardove S ik, M si ( Dan Gegana korp Brimob polri ). Giat tersebut akan dipandu oleh Master of ceremony Briptu Hasni beserta Briptu Diestia. Susunan pasukan dalam penyelenggaraan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Jumlah keseluruhan pasukan upacara TNI & Polri  yaitu 2983 orang koordinator upacara. Susunan acara nantinya akan dimulai pukul 07.15 wib, yang diawali dengan persiapan, lalu pukul Pkl 07.51 wib dilanjutkan dengan Panji Panji Tribrata kepolisian RI memasuki lapangan upacara, kemudian penghormatan Panji Panji kepolisian RI Tri Brata. Lalu adapula pasukan pasang sangkur. Dan Pkl 07.56 wib Prudential RI beserta Ibu Hj Iriana Joko Widodo dan wakil presiden RI beserta ibu Hj Mufida Yusuf kala menuju mimbar kehormatan.

Kemudian beralih ke Acara pokok yang dimulai Pkl 08.02 wib yaitu penghormatan kebesaran, pengucapan Tri Brata, persiapan penganugrahan tanda kehormatan, dan lainnya. Pkl 08.17 wib pembacaan keputusan Presiden RI. Dilanjutkan dengan tanda kebesaran di tutup, lalu penganugrahan tanda kehormatan, dan juga amanat Inspektur upacara, serta Andika bayang kari.

Sebelum Upacara peringatan HUT Bhayangkara selesai, Pkl 08.40 wib dilanjutkan dengan laporan komandan upacara, penghormatan kebesaran, dan Pkl 08.42 wib Inspektur upacara Menuju mimbar kehormatan, yang dilanjutkan dengan laporan Perwira upacara kepada Inspektur upacara. Sekira pukul 08.46 wib Salam kebangsaan, dan sekira Pkl 08.49 wib Presiden RI beserta ibu Hj Iriana Joko Widodo dan wakil presiden RI beserta Ibu Hj Mufida Yusuf kala meninggalkan mimbar kehormatan. Pkl 08.50 wib lepas sangkur, dan Pkl 08.51wib upacara selesai, di lanjutkan dengan acara peragaan/atraksi beserta syukuran di silang lapangan Monas.