Program S1

bhinaya | Senin, 05 Oktober 2015 - 01:11:00 WIB | dibaca: 576 pembaca

Dalam proses pembelajaran modern  dengan memanfaatkan  perkembangan teknologi informasi, salah satunya adalah melalui model blended learning yang memerlukan ketersediaan tiga aspek penting dalam penyelenggaraan PJJ baik di kampus STIK maupun di USBJJ Polda yaitu:

a.    Infrastruktur e-Learning: dapat berupa personal computer (PC), jaringan komputer, internet dan perlengkapan multimedia. Termasuk didalamnya peralatan teleconference apabila hendak memberikan layanan synchronous learning melalui webconference.

b.    Sistem dan Aplikasi e-Learning: Sistem perangkat lunak yang mem-virtualisasi proses belajar mengajar konvensional. Bagaimana manajemen kelas, pembuatan materi atau konten, forum diskusi, sistem penilaian (rapor), sistem ujian online dan segala fitur yang berhubungan dengan manajemen proses belajar mengajar. Sistem perangkat lunak tersebut sering disebut dengan Learning Management System (LMS).

c.    Konten e-Learning: Konten dan bahan ajar yang ada pada e-Learning system (Learning Management System). Konten dan bahan ajar ini bisa dalam bentuk Multimedia-based Content (konten berbentuk multimedia interaktif) atau Text-based Content (konten berbentuk teks seperti pada buku pelajaran biasa yang dirubah dalam bentuk digital). Biasa disimpan dalam Learning Management System (LMS) sehingga dapat dijalankan oleh mahasiswa kapanpun dan dimanapun.