Berita

bhinaya | Senin, 25 September 2017 - 20:59:34 WIB | dibaca: 318 pembaca

PROGRAM PENDIDIKAN

 

STIK sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi kedinasan bertugas untuk mendidik para perwira Polri agar mempunyai dan meningkatkan kemampuan dengan kualifikasi sarjana ilmu kepolisian. Karena itu semua lulusan STIK diharapkan mampu mengembangkan teori-teori, konsep-konsep, kajian-kajian yang bermanfaat bagi institusi kepolisian melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Program pendidikan di STIK-PTIK yaitu :

1.    Pendidikan Program Sarjana Ilmu Kepolisian PJJ (S1).

Dalam proses pembelajaran modern  dengan memanfaatkan  perkembangan teknologi informasi, salah satunya adalah melalui model blended learning yang memerlukan ketersediaan tiga aspek penting dalam penyelenggaraan PJJ baik di kampus STIK maupun di USBJJ Polda yaitu:

a.    Infrastruktur e-Learning: dapat berupa personal computer (PC), jaringan komputer, internet dan perlengkapan multimedia. Termasuk didalamnya peralatan teleconference apabila hendak memberikan layanan synchronous learning melalui webconference.

b.    Sistem dan Aplikasi e-Learning: Sistem perangkat lunak yang mem-virtualisasi proses belajar mengajar konvensional. Bagaimana manajemen kelas, pembuatan materi atau konten, forum diskusi, sistem penilaian (rapor), sistem ujian online dan segala fitur yang berhubungan dengan manajemen proses belajar mengajar. Sistem perangkat lunak tersebut sering disebut dengan Learning Management System (LMS). 

c.    Konten e-Learning: Konten dan bahan ajar yang ada pada e-Learning system (Learning Management System). Konten dan bahan ajar ini bisa dalam bentuk Multimedia-based Content (konten berbentuk multimedia interaktif) atau Text-based Content (konten berbentuk teks seperti pada buku pelajaran biasa yang dirubah dalam bentuk digital). Biasa disimpan dalam Learning Management System (LMS) sehingga dapat dijalankan oleh mahasiswa kapanpun dan dimanapun.

 

 

2.    Program Pendidikan Pascasarjana Kajian Ilmu Kepolisian (S2)

Program ini bertujuan untuk memberikan pendidikan lanjutan kepada sejumlah lulusan Program Sarjana (S1) di Indonesia yang menunjukkan kemampuan kuat untuk kemudian mengembangkan keahliannya dalam berbagai bidang ilmu kepolisian. Melalui integritas dari sejumlah perkuliahan, seminar, lokakarya, penelitian individual dan penulisan tesis, para peserta dapat memperdalam pengetahuan mereka tentang prinsip-prinsip ilmu kepolisian dan memperoleh spesialisasi (kekhususan) yang mereka inginkan. Secara singkat tujuan umum ini dapat diuraikan sebagai berikut:

a.    Mendidik dan menghasilkan Magister dan Doktor llmu Kepolisian yang mampu secara interdisiplin terhadap berbagai aspek kepolisian.

b.    Mendidik dan mengha silkan Magister dan Doktor llmu Kepolisian (MSi) yang mampu secara interdisiplin membuat perencanaan pelaksanaan dan pemecahan berbagai masalah kepolisian.

Mendidik dan menghasilkan Magister dan Doktor llmu Kepolisian (MSi) yang akan menjadi pengajar ahli ilmu kepolisian dan sekaligus calon peneliti dalam mengembangkan ilmu kepolisian

 

3.    Program Pendidikan Doktor Ilmu Kepolisian (S3)

Program ini adalah pendidikan lanjutan kepada sejumlah lulusan Program Pascasarjana (S2) yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki :

a.    Menghasilkan lulusan sebagai tenaga ahli kepolisian yang mempunyai pedoman pada integritas tinggi dalam ilmu pengetahuan, mampu mengaplikasikannya dengan etika ilmiah dan menghormati hak asasi manusia.

b.    Menghasilkan lulusan sebagai tenaga ahli kepolisian yang mempunyai sikap terbuka terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi humaniora dan kesenian dalam berbagai permasalahan perubahan masyarakat dan kebudayaan.

c.    Menghasilkan tenaga kepolisian yang mempunyai kemampuan untuk mengajar, memimpin dan meneliti.